Friday, July 31, 2009

PENUTUP

Sebagai Kata Penutup, perkenankanlah penulis mengulangi pesan Tuhan Yesus kepada murid-muridNya (tentunya kepada kita juga) pada Luk.22:32b:

"Dan engkau, jikalau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu"

Jikalau anda, yang dikasihi Tuhan Yesus, setelah membaca buku ini, oleh karya Roh Yesus berubah menjadi 'orang insaf', maka tibalah waktunya anda memikul kewajiban (memikul-salib) untuk memperkuat/menolong saudara-saudara kita yang masih terikat kuasa kegelapan. Tiga tingkatan dalam menjalankan kewajiban ini adalah :

  1. Berdoa syafaat bagi saudara-saudara yang lemah, agar Kuasa Yesus melindungi dan membebaskan mereka dari gocohan Iblis. Pekerjaan ini tidak menuntut biaya, sehingga tidak ada alasan bagi kita untuk menolaknya;
  2. Menginjili saudara-saudara yang diikat Iblis, demi menyadarkan mereka akan keterikatan itu. Hal ini tidak menuntut ijazah Theologia ataupun jabatan Gerejawi tertentu. Setiap orang boleh dan harus melakukannya;
  3. Melakukan pelayanan pelepasan, sesuai pertunjukkan dan bimbingan oleh Roh Yesus. Ijazah Theologia dan kedudukan Gerejawi juga tidak dituntut disini. Suksesnya pelayanan anda banyak tergantung dari sikap anda, seperti diuraikan dalam Bab-4 dan -5 pada Bagian Kedua diktat ini.

Sebagai akhir kata, penulis menyampaikan kepada anda:

Salam sejahtera didalam Yesus Kristus,
Selamat Bekerja di ladang Tuhan;

Kasih karunia dari Tuhan Yesus menyertai anda dari sekarang sampai akhir zaman! AMIN!

0 comments: