Friday, July 31, 2009

1. PENDAHULUAN

Luk.22:31-32 merekam pesan penting dari Tuhan Yesus kepada muridNya, beberapa saat sebelum Ia ditangkap:

[31] Simon, Simon, lihat, Iblis telah menuntut untuk menampi kamu ('to sift all of you', The Revised Berkeley Vesion, 1997; Pen.) seperti gandum, [32] tetapi Aku telah berdoa untuk engkau supaya imanmu tidak gugur. Dan engkau jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu:.

Perintah Yesus ini, disamping berbagai pesan lain, menjadi dasar, mengapa kita selaku pengikut Yesus harus saling menolong saudara-saudara yang terlibat dan terikat kuasa-kuasa kegelapan. Lihat juga Luk.13:16, 'Bukankah perempuan ini

.....harus dilepaskan dari ikatannya itu....?"

Begitu pula tentang mendoakan orang lain; kita harus meniru Tuhan Yesus yang mendoakan Simon, sehingga diselamatkan dari 'tampihan' Iblis, agar tidak binasa! Penting sekali kita berdoa syafaat bagi saudara-saudara kita (seiman ataupun tidak), karena Doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan.....serta Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya [Yak.5:15-16]. Jadi, perintah Yesus ini berlaku bagi kita yang bersama Yesus sudah berkemenangan dalam peperangan rohani!

Namun, untuk dapat melakukan hal-hal demikian, anda harus tergolong orang yang sudah bertobat, sudah dibebaskan dari ikatan kuasa-kuasa gelap yang terbentuk dimasa lalu anda, melalui persekutuan dengan Iblis, serta anda haruslah orang yang sudah mengakui dan memepersaksikan bahwa Yesus kristus adalah Juruselamat pribadi anda!

0 comments: