Monday, December 29, 2008

Kesaksian Mukendi Ahli Sihir 13

13. PENDETA KANIAKI

Istri Kaniakilah yang pertama-tama keluar dan berkata, "Mari kita berdoa." Bila ia melakukan kesalahan dengan memulai pembicaraannya sebelum mengikat roh-roh jahat dan menyebutkan darah Yesus, maka akan jauh lebih mudah bagi Mukendi untuk menguasai mereka. Segera setelah berdoa, hal-hal mulai terjadi. Tetapi pertama-tama, Mukendi harus dilepaskan dahulu sebelum diselamatkan.

Tambang rohaniah itu menunggu perintah. Karena tambang itulah maka ia tidak dapat melarikan diri. Segera setelah istri Kaniaki berkata, "Dalam nama Yesus," maka tambang tersebut mengikat Mukendi dan menggantungnya. Kata Mukendi, "Kemudian aku melihat diriku sendiri digantung dan para malaikat mengelilingiku. Kaki mereka tidak menyentuh tanah. Lucifer juga datang dan kekuasaannya melimpuhkan setiap kegiatan pada jalanan yang terdekat. Roh-roh jahat mengisi daerah di sekitar kami, tetapi mereka tidak dapat mendekat ke rumah dan pekarangan Mutombu karena ditutup oleh darah Yesus. Kekuatan mereka tidak dapat memenangkan kuasa Yesus. Dengan berlangsungnya drama tersebut, sebuah nubuatan diucapkan melalui istri Mukendi, "Mukendi, jangan memandang dia hanya sebagai wanita saja. Kau melihat Yesus Kristus. Aku telah memakainya untuk menunjukkan kepadamu betapa dangkalnya kekuatanmu. Jadi Akulah, Yesus Kristus, yang harus kau percayai untuk dapat dilepaskan."

Begitu mendengar kata-kata tersebut, maka Mukendi yang sedang terikat erat itu langsung menyambar kesempatan itu untuk menerima Kristus, sambil bersumpah pada dirinya bahwa segera ia bebas, maka Mutombu dan istrinya akan merasakan akibatnya. Mereka kemudian membawanya ke dalam doa orang berdoa dan kemudian menolak seluruh kekuatan-kekuatan jahat dan sihir.

Pada saat itu, Mukendi merasa kekuatan sihir meluap naik dari dalam perutnya. Ia memuntahkan semua ramuan yang telah ditelannya termasuk darah yang diminumnya dan obat-obatan yang dimasukkan ke dalam dirinya melalui sayatan-sayatan pada kulitnya.

Apa yang akan keluar ? Mukendi telah berkata bahwa pada suatu saat, ia mencari ilmu yang lebih dalam lagi atas prakarsa seorang pemimpin tradisional, yaitu dengan menjadi binaragawan. Pemimpin itu memberinya gelang besi yang harus dikenakannya pada otot lengan atasnya beserta sebuah mainan kapal terbang kecil yang harus ditelannya. Sejak sat itu, delapan roh orang kulit putih memasukinya.

Bila ia memasuki ring untuk berlatih atau berperaga, maka roh-roh itu akan mengembangkan otot-ototnya sehingga ia tampak sangat besar. Tetapi pada hari itu, mereka semuanya keluar. Setiap roh jahat menyebutkan namanya sambil terbirit-birit keluar meninggalkan tubuhnya. Ketika tibas aatnya bagi roh-roh kulit putih untuk keluar, maka mereka menyebutkan nama mereka dengan logat asing sambil mengatakan siapakah mereka dan apa yang mereka lakukan di dalam tubuhnya.

Di dalam pergumulannya, Mukendi terjatuh sehingga topi yang dipakainya terlempar beberapa meter jauhnya. Roh-roh jahat yang telah meninggalkan tubuhnya itu bergegas mencari perlindungan di dalam topi tersebut. Baru setelah satu jam empat puluh lima menit pelayanan kelepasanlah, Mukendi sadar dan kembali menjadi dirinya sendiri lagi dan ia kemudian melangkah untuk mengambil topinya. Mutombu yang dipimpin oleh hikmat Allah menahan tangan Mukendi dan mencoba meraihnya sendiri. Tetapi sebelum tangannya menyentuhnya, topi itu mulai melompat-lompat seperti dikendalikan oleh tangan-tangan yang tidak tampak. Mutombu mengambil otoritas atas roh-roh jahat itu dan mengikat mereka sebelum ia mengambilnya. Ia tidak pernah memberikan topi itu kembali kepada Mukendi. Memang benar bahwa Lucifer mengisi seluruh daerah itu, akan tetapi ia tidak dapat menembus sampai dimana Mukendi berada. Operasi bantuan Lucifer sama sekali digagalkan, karena para malaikat yang berkeliling di sekitar rumah Mutombu. Mukendi tidak dapat bergerak, akan tetapi matanya terbuka untuk dapat melihat segala sesuatu yang terjadi di alam roh pada saat itu. Roh-roh yang dibawanya untuk menguasai Mutombu beserta istrinya terlihat kalang kabut melarikan diri. Mereka lari begitu cepatnya sehingga tumit mereka saling berbenturan ! Drama pelarian tersebut begitu nyata bagi Mukendi. Roh-roh jahat lari terbirit-birit melalui bahu para malikat yang tampak begitu tinggi besar dan penuh kuasa itu, yang berdiri membentuk lingkaran mengelilingi seluruh tempat dimana mereka berada. Keselamatan Mukendi adalah sebuah mujizat yang indah sekali dan ia menjadi ciptaan baru pada hari itu. Setelah roh-roh jahat melarikan diri, maka Mukendi dipenuhi Roh Kudus dan tubuhnya dikuduskan.

Hamba-hamba Allah yang kudus, kita dapat menjadi telanjang dan terbuka bagi serangan-serangan iblis. Pengalaman Mukendi menunjukkan kepada kita akan pentingnya pertobatan. Janganlah seseorang menyangka bahwa dirinya kudus hanya karena ia berada di dalam gereja. Setelah Mukendi berhasil menguasai Mutombu, maka Mutombu harus bertobat dengan air mata sebelum ia dapat dilepaskan secara total. Kita membutuhkan pembaharuan rohaniah untuk dapat memelihara kebenaran kita di dalam Tuhan melalui apa yang disebut pengudusan yang progresif. Itulah cara tepat untuk melakukan seranga nbalik kepada musuh.

Jadi setiap kali seseorang jatuh, ia harus bertobat untuk menutup pintu, karena bila celah terbuka, maka iblis akan memasukkan lebih banyak roh jahat lagi dan keadaan orang tersebut kemudian menjadi lebih buruk daripada sebelumnya. "…..janganlah beri kesempatan kepada iblis." (Ef. 4:27). Jelaslah dari serangan-serangan balik yang dilancarkan Mutombu terhadap musuh, bahwa Firman Allah adalah tepat seperti apa yang dikatakan Alkitab : lebih tajam dari pedang bermata dua manapun. Alkitab berkata bahwa nama Yesus lebih besar dari setiap nama lain di bumi dan di surga. Setiap nama menunjukkan kepribadian dan karakteristik. Nama Yesus Kristus menunjuk kepada kepribadianNya yang adalah Firman Allah (Wah. 19:11-16).
"… Akulah jalan dan kebenaran dan hidup …" (Yoh. 14:6)
"… Penasihat Ajaib…" (Yes. 9:5)

Bila namaNya adalah Firman Allah, maka Dialah Allah sendiri dan di dalam Dia ada terang dan kehidupan. Segala sesuatu diciptakan oleh Dia. Bila anda menyerukan "Yesus", berarti anda menamakan Allah sebagai hidup, terang, kebenaran, jalan, pencipta damai, Raja di atas segala raja, Tuan diatas segala tuan. Tidak ada setan manapun yang dapat melawannya. Semua raja dari dunia yang tidak kelihatan itu berada di bawahnya. Ketika Mutombu menyerukan nama itu, ia sedang mencari perlindungan di balik pribadi yang tidak pernah berubah itu, Yesus Kristus. Mukendi menyarankan agar mereka yang mencari jiwa-jiwa tidak membiarkan begitu saja orang-orang yang tidak percaya, semata-mata karena mereka tampaknya begitu keras. Kejarlah mereka dengan agresif karena di dalamnya, mereka mungkin saja sedang mencair. Senjata yang tepat adalah Firman Allah. Firman itu memiliki otoritas yang sama dengan nama Yesus Kristus sendiri, Yoh. 1:14 : "Firman itu telah menjadi manusia dan diam diantara kita dan kita telah melihat kemuliaanNya…" Yesus sendiri berkata, "Perkataan yang Kukatakan ini adalah Roh dan hidup." Jadi Firman Allah merupakan pedang yang tajam. Bayangkanlah betapa mengerikannya bila Mutombu berkata-kata dari dirinya sendiri atau menjadi marah. Akan tetapi ia sebaliknya telah mempergunakan strategi yang jitu. Ingatlah bahwa Mukendi telah mempersiapkan 500 roh jahat di sakunya bagi Mutombu, akan tetapi ia tidak pernah beroleh kesempatan untuk memakai mereka.

Tidak seorangpun dapat bermain-main dengan Yesus Kristus
Mukendi, karena kesombongannya, setuju untuk menduduki kursi khusus yang telah dimeteraikan dengan darah Yesus, sekedar untuk menguji coba kuasanya dan meremehkannya. Setan tidaklah sepandai dan sekuat seperti apa yang dipikirkan manusia. Ia tidak mengetahui pikiran Allah. Ia tidak maha tahu seperti Allah dan ia telah dikalahkan. Tidak seharusnya kita mengadakan hubungan sedikitpun dengan setan, karena ia membenci kita. Kita juga harus membenci dia. Bila anda telah diselamatkan akan tetapi masih saja masuk ke dalam wilayah setan, berarti anda adalah sahabat setan. Bila aku berbicara tentang wilayah setan, maka yang kumaksud bukanlah klab malam atau bar, karena tempat-tempat itu merupakan wilayah fisik atau yang tampak dari setan. Yang kumaksudkan disini adalah bila seseorang mengijinkan sesuatu masuk di dalam hidup mereka, yang jelas tampak tidak memuliakan Allah, misalnya amarah, cemburu, gossip, iri hati, dengki, tidak dapat mengampuni dan lain-lain.

Bila anda belum diselamatkan, maka anda adalah seorang sahabat dekat setan (I Yoh. 3:8)

Hal terutama yang harus diketahui oleh setiap orang percaya adalah bahwa mereka harus tunduk sepenuhnya kepada Allah. Dengan demikian maka mereka akan memenangkan setiap peperangan. Sangat menarik sekali kenyataan bahwa Lucifer bukannya memperingatkan Mukendi agar jangan berkunjung ke rumah Mutombu, tetapi justru menyuruhnya kesana untuk menguasai mereka. Dan juga bagaimana Rosa mengatakan bahwa segala sesuatu dapat dikendalikan sehingga Mukendi "jangan kuatir", ketika Mukendi bertanya apakah tambang itu yang harus dipergunakannya untuk mengikat pasangan tersebut. Setan menipu dirinya sendiri dengan berpikir bahwa mereka yang berada di pihak Tuhan dapat jatuh, sedangkan hambanya sendiri pasti menang.

Strategi itu sama dengan strategi yang dipakai iblis untuk menggantungNya di kayu salib. Ia tidak sadar bahwa di dalam kematian dan kebangkitan Yesuslah terletak kekalahannya untuk selama-lamanya. Allah memekai rancangan yang seperti itu untuk membawa kemenangan bagi umatNya. "Tetapi dalam semuanya itu kita lebih daripada orang-orang yang menang …" dan "… Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia …"

Rosa bahakan tidak dapat mengatakan darimana datangnya tambang tersebut, karena setan tidak dapat membaca pikiran Allah. Allah mengarahkan kita untuk menghindari jerat-jerat setan. Itulah sebabnya, maka dibutuhkan penundukkan diri dan ketaatan total untuk dapat meme-nangkan peperangan-peperangan rohani.

Firman Allah berkata bahwa siapa saja yang hidup di bumi ini, apakah itu binatang, tanaman dan bahkan manusia, semuanya terkutuk. Ini disebabkan karena setan telah dilemparkan dari surga dan ia sangat marah karena ia tahu bahwa waktunya singkat. Ia membenci kita. Ia tahu bahwa karena manusialah ia tidak memperoleh tempat lagi di surga.

Aku juga mengerti mengapa dalam Perjanjian Lama Tuhan melarang umat Israel memakan beberapa binatang. Anda dapat melihat bahwa banyak roh-roh jahat memiliki bentuk seperti binatang-binatang tertentu. Binatang-binatang itulah yang dipakai para dukun untuk mengadakan pengorbanan-pengorbanan. Jadi Tuhan harus melarang mereka karena pada saat itu darah Tuhan Yesus belum tertumpah untuk melindungi mereka. Tetapi sekarang Tuhan Yesus merupakan kepenuhan keselamatan kita dan kita harus memintanya untuk menguduskan makanan yang akan kita makan.

Para prajurit dapat kalah dalam peperangan bila mereka gagal memperhatikan dan mentaati jendral mereka, karena jendrallah yang mengetahui bila harus bertindak dan apa saja yang merupakan strategi musuh. Bila para prajurit tidak mentaatinya, mereka dapat saja langsung menuju kamp musuh atau tidak mencapai sasarannya, sehingga mengakibatkan kekalahan dan kekacauan yang mengerikan. Itulah masalah yang dihadapi Allah mengenai kita. Bila Ia meme-rintahkan belok ke kiri, kita ingin belok ke kanan. Dialah yang mengetahui dimana perangkap-perangkap musuh itu terletak. Alkitab berkata agar kita jangan memakai hikmat akal budi kita sendiri.

Dan bila kita merupakan tentara pasukan Allah, mengapakah kita tidak tunduk sepenuhnya kepada Allah ? Dan mengapa kita gagal di dalam Dia sepanjang waktu ? Allah membutuhkan kerja sama kita untuk mengarahkan kita agar kita aman dari wilayah musuh (Yak. 4:7). Seorang prajurit sejati tidak mempunyai waktu untuk berdebat. Allah tidak meninggalkan kita dengan ketidakpastian akan kehendakNya yang sempurna. Ia sudah memberikan pengarahan melalui FirmanNya, pimpinan Roh Kudus dan pelayanan di gereja. Dari peran istri Mutombu, kita belajar bahwa bila seseorang dengan kuat dikuasai oleh roh-roh jahat, kita tidak bergegas membicarakan tentang keselamatan dengannya. Pertama-tama kita harus mengikat roh ketidakpercayaan dan roh-roh lain, termasuk roh-roh yang berkeliaran di sekitar rumah dimana pelayanan kelepasan itu sedang terjadi dan menutup diri kita dan tempat kita dengan darah Yesus. Apapun yang dimiliki orang tersebut merupakan tempat persembunyian musuh. Untuk kelepasan dan perlindungan yang efektif, berdiamlah di dalam Firman Allah. Ada sebuah kasus dimana seseorang meminjam ikat pinggang dari seorang tukang sihir dan orang itu kemudian dikuasai oleh roh-roh jahat dengan kuat sekali sejak saat itu.

Harap diperhatikan bahwa doa yang mengandung otoritas itu sangat vital, karena berdasarkan hal itulah maka para malaikat bertindak untuk menjalankan perintah melalui kuasa Roh Kudus. Tambang itu diberikan untuk mengikat, akan tetapi harus digerakkan melalui perintah dari mereka yang telah dikuduskan dan sepenuhnya tunduk kepada Allah. Bila Mukendi secara lisan menolak sihir dan secara lisan pula mengundang Yesus masuk ke hatinya, maka itulah keputusan yang telah ditetapkan. Allah menghargai pengakuan kita.

Ingatlah bahwa Mukendi telah menandatangani perjanjian dengan setan dengan darahnya sendiri. Itu berarti bahwa ia bukanlah milik dirinya sendiri lagi, tetapi dengan total telah menjual jiwanya kepada iblis. Dengan ringkas, dia adalah budak setan. Dan baginya, untuk dapat berlanjut di dalam Yesus dan memperoleh kelepasan yang sepenuhnya, ia mutlak harus berada di bawah perlindungan pelayanan kelepasan. Setan tidak akan bergeming sedikitpun juga.

Iblis tidak bersahabat dengan siapapun dan ia juga tidak memiliki belas kasihan untuk diberikan kepada siapapun. Ia akan memakai seseorang sampai tidak dibutuhkan lagi, kemudian orang itu dibunuhnya, ia tidak ingin pergi sendirian masuk ke dalam lautan api. Ia ingin membawa seba-nyak mungkin orang bersamanya. Di Iran baru-baru ini, tanah terbuka dan menelan 40.000 orang muslim sebelum mereka memiliki kesempatan untuk mendengarkan Injil. Ini merupakan bagian daripada strategi setan. Banyak orang yang mati di dalam perang Teluk, yang kemungkinan belum mendengarkan Injil Yesus Kristus. Lucifer tahu bahwa waktunya begitu singkat dan ia bekerja dengan sangat keras. Ada orang-orang di dalam gereja pada hari-hari ini yang membawa jimat-jimat dan yang kemungkinan juga secara langsung mempraktekkan sihir. Dapat saja mereka menempati kedudukan-kedudukan yang tinggi dalam kepemimpinan atau paduan suara gereja, mereka dapat berbicara dengan meyakinkan mengenai Yesus, akan tetapi mereka membunuh orang-orang sebelum orang-orang itu sempat mendengarkan Injil. Agen-agen iblis bekerja lembur, tanpa mengenal waktu. Kitab Wahyu berkata bahwa iblis sedang marah. Berhati-hatilah para hamba Tuhan yang kudus !

Kita sekarang hidup di akhir jaman dan banyak hal-hal yang dulu tersembunyi, sekarang sedang dibukakan untuk menambah pengetahuan gereja modern, sesuai dengan Daniel 12:4 ; "Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala Firman itu dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman ; banyak orang akan menyelidikinya dan pengetahuan akan bertambah." Orang-orang Kristen harus meningkatkan pengetahuan mereka di dalam perkara-perkara Allah, seperti yang saat ini sedang disingkapkan secara progresif. Tujuan Allah untuk membuka seluruh kebenaran di akhir jaman ini adalah untuk melepaskan umatNya. Dan kelepasan datang melalui pengetahuan akan kebenaran. Yoh. 8:32 : "Dan kamu akan mengetahui kebenaran dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Karena kegiatan-kegiatan setan yang besar-besaran di akhir jaman ini, maka dunia goncang dan anak-anak Allah membutuhkan kebangunan rohani yang penuh kuasa untuk memelihara keselamatan mereka. Dan. 12:1 : "Pada wakti itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu."

Kita bersyukur kepada Allah untuk kesaksian saudara kita, Mukendi, tentang neraka. Melalui kontaknya dengan kuasa-kuasa kegelapan, maka kita dapat memperoleh informasi dari tangan pertama tentang apa-apa saja yang ada pada dunia yang satunya itu. Ia terus mengingatkan kepada orang-orang bahwa ia melihat hal-hal yang diceritakannya itu dengan matanya sendiri dan ia mengalami semuanya itu dengan tubuhnya yang sekarang ini. Semua yang dikatakannya itu secara Alkitabiah benar dan dapat dijelaskan melalui Firman Allah. Bila anda telah bermain-main dengan setan, maka anda membutuhkan Kristus. Anda membutuhkan keselamatan.

Keselamatan
Seseorang memiliki roh, jiwa dan tubuh seperti Adam ketika ia diciptakan. Oleh karenanya, orang tanpa Kristus itu mati di dalam dosa. Alkitab berkata bahwa jiwa yang berdosa pasti akan mati. Dan tidak terdapat tempat yang disebut api pencucian, dimana orang menerima pengam-punan untuk kemudian masuk ke dalam surga.

Ibr. 9:27, "Dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati hanya satu kali saja dan sesudah itu dihakimi." Ingatlah akan kisah orang Farisi kaya di dalam Alkitab dan Lazarus. Bila seseorang mati, maka tidak ada doa, upacara pemakaman dan pidato-pidato sebanyak jumlah apapun yang dapat mengubah kekekalan nasib jiwanya. Secara mental ia sudah diperlengkapi untuk me-ngetahui semua fakta-fakta yang dapat menyelamatkan hidupnya. Ia adalah seseorang yang terpandang dan terkemuka dalam masyarakat. Kisah ini menunjukkan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat memperdayakan setan dan karenanya tanpa Kristus, tidak seorangpun yang dapat menghentikan dirinya sendiri dari berbuat dosa.

Adam dan Hawa diciptakan dalam keadaan tanpa dosa, akan tetapi ketidaktaatan menyebabkan terang Allah mundur. Kegelapan menyelubungi jiwa mereka. Setelah itu, maka Allah menyatakan bahwa semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah.

Dan apabila di dalam suatu agama tidak terdapat Kristus, maka agama itu tidak dapat dengan sendirinya memberikan keselamatan. Setelah Adam, maka Allah membuat rencana yang lain un-tuk memberikan kepada umat manusia suatu kesempatan lagi untuk menjadi bangsa yang kudus. Pendamaian dari dosa melalui darah binatang, digantikan oleh darah Kristus yang suci, kudus dan tidak berdosa. Di awalnya, Allah menciptakan manusia sebagai yang unggul, yang menguasai segala sesuatu.

Dikandung melalui kuasa Roh Kudus dan lahir dari perawan Maria, darah Kristus berasal dari surga. Yesus disalibkan sebagai anak domba Allah yang mengangkut dosa isi dunia. Oleh sebab itu, darahNya merupakan pendamaian. Jiwanya yang kudus diletakkan di atas mezbah Allah untuk memberi hidup kepada jiwa-jiwa kita dan karenanya, hanya Yesuslah yang dapat memberikan hidup kepada jiwa manusia. Jiwalah yang berisi kehidupan kekal, bukan malaikat bukan bunda Maria.

Alkitab mengatakan bahwa satu-satunya jalan ialah melalui Kristus, seperti yang dikatakan, "…Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak memalui Aku." (Yoh. 14:6). Melalui penyaliban, Yesus mati di tangan orang-orang berdosa, dikuburkan selama tiga hari, bangkit kembali dan kemudian terangkat ke surga di hadapan para muridNya dan Maria, dimana Ia sekarang bertahta. JiwaNya diletakkan di atas mezbah sebagai anak domba.

Penghakiman kedua bagi orang Kristen yang sudah lahir baru yaitu bila pekerjaan masing-masing diuji melalui api (I Kor. 3:13). Paulus berkata, "Ikutlah aku seperti aku mengikuti Kristus." Ia mendorong mereka yang di-tinggalkannya untuk menjaga domba-dombanya (jiwa-jiwa), karena Kristus telah mati bagi mereka dan membeli mereka dengan darahNya sendiri. Orang-orang yang mengaku beragama Kristen, tetapi tidak bertobat dan mengikut Kristus, akan dihakimi bersama orang-orang berdosa. Pada hari penghakiman nanti, semua nabi palsu, iblis dan para malaikatnya dan antikris akan di-lemparkan hidup-hidup ke dalam lautan api. Kristuslah satu-satunya yang dapat memper-damaikan kita dengan Allah (Rm. 10:8-14). Keselamatan berarti mengakui Yesus sebagai Tuhan dan percaya di dalam hati bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari kematian. Seseorang harus mengaku akan segala keterbatasannya kepada Kristus dan ketidakmampuannya untuk berubah menjadi baik dari dirinya sendiri dan pengakuan bahwa hanya Kristuslah yang sanggup menyelamatkan. Ia juga harus mengakui Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan satu-satunya yang dapat memberikan kehidupan yang kekal.

Bila kita diselamatkan, itu berarti bahwa kita telah menerima Kristus di dalam hati kita untuk mengubah kita melalui kuasa Roh Kudus. Hal ini terjadi bila kita merendahkan diri kita di hadapan Allah Yang Maha Kuasa, bertobat dari dosa dan minta Yesus untuk masuk ke dalam hati.

Pergi ke gereja bukan harus berarti bahwa seseorang telah lahir baru melalui Roh Yesus Kristus yang memberi hidup. Dapat saja orang tersebut hidup di dalam dosa, akan tetapi tetap datang ke gereja untuk menenteramkan hati nuraninya atau untuk memperoleh pergaulan yang baik. Pengalaman lahir baru itu bukan selalu harus diketahui oleh umum, akan tetapi lebih meru-pakan pengalaman pribadi antara manusia dan Kristus. Tetapi pengakuan kita haruslah di tempat tersembunyi di kamar kita atau lebih baik lagi di depan pendeta, penginjil atau hamba-hamba Allah yang lain.

Mereka yang melayani setan sebagai tukang sihir, tukang tenung, dukun, imam-imam atau kedudukan apa saja di dalam kerajaan iblis ; bagi orang-orang yang meminta pertolongan kepada mereka seperti yang disebutkan di atas, harus berbalik kepada Kristus dengan keinginan yang tulus untuk dilepaskan. Iblis bukan sahabat. Ia seorang pendusta sejak semula. Ia tidak memiliki apapun untuk diberikan kecuali kesengsaraan dan kematian kekal. Setiap "pemberian" yang diberikan hanya merupakan umpan untuk menjerat orang. Iblis membenci anda dengan sepenuh hati. Ia tidak ingin anda menemukan kasih Allah dan rencanaNya bagi hidup anda yang telah dirancangNya secara unik bagi anda. Berbaliklah, tinggalkan musuh anda yang hanya mencuri, membunuh dan membinasakan itu. Harapan hanya berada di dalam Kristus Yesus, Putra Allah Yang Maha Tinggi, "Untuk inilah Anak Allah menyatakan diriNya, yaitu supaya Ia membi-nasakan perbuatan-perbuatan iblis itu." Yesus telah menjadikan setan sebagai tontonan umum dalam kemenanganNya. Ia telah melucuti iblis dan menelanjanginya ! Iblis adalah musuh yang sudah kalah. Tinggalkanlah pihak yang kalah saat ini dan bergabunglah dengan pihak pemenang, yang komandan dan kaptennya ialah Yesus. Yesus dapat menyelamatkan, memelihara dan memuaskan keinginan hati yang terdalam. Penguasa dunia ini sudah dihukum. Bila anda menginginkan kelepasan, pergilah kepada sebuah gereja yang serius yang sungguh-sungguh dengan Allah ; di mana api Roh Kudus bekerja dan Kristuslah yang berkuasa secara mutlak. Yesus ingin melepaskan anda. Ia datang untuk memerdekakan anda. Bila anda me-nginginkan Tuhan Yesus untuk melepaskan anda saat ini, marilah ucapkan doa berikut ini dengan suara yang jelas : Tuhan Yesus, aku sadar bahwa aku adalah orang yang berdosa. Aku tidak dapat mengubah diriku sendiri, karena aku telah mencoba dan ternyata aku gagal. Tuhan, ampunilah segala dosa-dosaku. Aku sadar bahwa hanya Engkau, Tuhan Yesus, yang dapat memberiku hidup baru. Marilah masuk ke dalam hatiku dan basuhlah aku dengan darahMu yang berharga. Hapuskanlah namaku dari buku kematian dan tuliskanlah di dalam buku kehidupan. Di dalam nama Yesus, aku menolak iblis dan segala perbuatan-perbuatan kegelapan. Mulai sekarang aku akan mengikut Engkau sebagai Tuhan dan Juruselamatku. Yesus, aku mengasihiMu, aku percaya kepadaMu, aku mau melayaniMu. Ciptakan di dalamku hati baru yang bersih yang berisi pikiran yang bersih dan keinginan yang benar. Dan bila terdapat kutuk di atas hidupku karena ikatan nenek moyangku, putuskan, Tuhan Yesus. Aku menolak kutuk lain apapun yang mungkin ada atasku karena perbuatan maupun ketidakmengertianku dan aku diberkati sesuai dengan janji-janjiMu di dalam kitab Ulangan 28. Terima kasih bahwa Engkau menerima diriku, Tuhan Yesus. Di dalam nama Yesus aku sudah berdoa dan sudah percaya. Amin. Setelah ini anda menjadi ciptaan yang baru dan sukacita keselamatan mulai tinggal di dalam diri anda.

Dunia roh
Buku inipun bagi anda, kaum intelek, atheis dan orang-orang yang tidak percaya. Ada mereka-mereka yang mencibirkan bibir tentang surga dan neraka, roh dan tubuh. Walaupun demikian, pengalaman nyata yang dialami sendiri oleh Mukendi dan masih banyak yang lain, menunjukkan bahwa bukan hanya kita yang ada disini dan tidak ada setan, tidak ada Allah, tidak ada surga, tidak ada neraka, tidak ada roh, tidak ada malaikat dan tidak ada roh jahat. Sama sekali bukan demikian ! Ada benda-benda dan mahluk-mahluk yang sungguh-sungguh ada, akan tetapi tidak tampak dengan mata telanjang. Tampak atau tidak, kita tidak dapat meniadakan keberadaan mereka. Allah itu sungguh-sungguh ada, iblispun sungguh-sungguh ada. Malaikat dan roh jahat sungguh-sungguh ada. Dan Allah telah memperingatkan kita melalui FirmanNya, pewahyuan kepada hamba-hambaNya, seperti yang tertulis dalam kitab Wahyu.

Saudara Mukendi memiliki pengalaman di tiga tempat, di bawah air (laut, sungai dan danau), kematian dan neraka. Ia biasa masuk ke dalam air bersama almarhum ayahnya dan tinggal disana selama lebih dari tiga hari. Ia berkata bahwa di dalam air terdapat banyak orang dan benda dan bahwa dunia itu berada di bawah kendali malaikat-malaikat yang jatuh yang sekarang dikenal sebagai roh-roh jahat.

Kami bahkan telah mendengar kesaksian yang lain lagi dari seorang pria yang telah menikahi seekor ikan duyung, yang menunjukkan bahwa semua ini bukanlah sekedar dongeng-dongeng rakyat belaka.

Setelah menjalankan baptisan setan, Mukendi dapat melihat orang-orang dan benda-benda di angkasa dan di sekitarnya. Sedangkan di bawahnya, ia melihat dunia yang lain lagi dimana orang-orang berjalan dengan telanjang dimana-mana ; di langit ia dapat melihat sesosok wanita yang sangat mencolok, yang sedang dalam keadaan duduk dan tampak sangat ganas dan kejam. Mukendi berusaha pergi dan bersembunyi di rumah bibinya, akan tetapi sia-sia saja. Ia dapat menembusi dinding dan langit-langit rumahnya. Dengan jelas ia melihat orang-orang berlalu-lalang dalam keadaan telanjang. Di dalam, ia menyadari bahwa ia sendiri telanjang. Di pasar, ia melihat banyak orang telanjang. Para penjualnya telanjang dan terus menerus memanggil dan mengundang pembeli. Dua wanita yang menolak menjual kacang dan singkong kepadanya ternyata menjual otak dan tulang manusia yang dilumatkan. Dan kacang ternyata adalah gigi manusia.

Apa yang dilihat Mukendi di angkasa, membantu kita untuk mengerti dunia atmosfir roh. Dunia itu berada di bawah penguasa kerajaan angkasa menurut Ef. 2:2. Muekndi mengenalnya dengan nama rahasia Rosa. Sesungguhnya, dialah naga yang ditulis dalam Wah. 12:3-4, yang daerah operasinya terutama di angkasa. Di bawah tempat duduk naga itu terdapat pusat kawat-kawat penghubung komunikasi. Kawat-kawat yang tidak terhitung itu menghubungkannya dengan seluruh dunia. Di bawah tempat duduknya yang nampaknya menggantung di atas kawat-kawat penghubung itu, tertulis nama Naga dengan kilatan-kilatan api. Di sisi tempat duduknya tertulis nama Rosa. Naga itu berputar di atas kursinya mengawasi dunia dengan ganas sambil menerima pesan-pesan melalui kawat-kawat penghubung. Mereka yang berdoa dengan rosario, sesung-guhnyalah tidak berdoa kepada Allah, tetapi kepada Rosa. Mereka berada dalam hubungan langsung dengan roh itu, menurut keterangan Mukendi.

Hal-hal yang dilihat Mukendi di atas dunia kita, menurutku adalah dunia atmosfir roh yang mengelilingi bumi. Dunia itu tidak berada di dalam air atau di dalam tanah karena ia masih berada di dalam rumahnya, tetapi dapat melihat sekelilingnya, di atas dan di bawahnya. Apa yang dilihatnya di atas bukan pula neraka. Mukendi berkata bahwa sulit untuk mencapai tempat di atas sana. Jadi ingin kusimpulkan bahwa itulah dunia yang lain sama sekali. Kita bahkan tidak secara pasti dapat berkata dunia itu berada di bawah air. Tempat naga itu berada sebenarnya adalah dunia angkasa yang berada di bawah penguasa kerajaan angkasa seperti Ef. 2:2. Penguasa itu adalah naga yang kita lihat dalam Wah. 12:3-4. Mukendi mempergunakan kawat-kawat penghubung yang dikendalikan oleh Rosa ketika ia sedang dilayani kelepasan di rumah Mutombu. Ia menghubungi nomor-nomor 11 dan 9 dan Rosa memang ternyata menjawab.

Mereka yang berada di bawah dunia itu dan di bawah kendali kuasanya, sama dengan mati menurut Ef. 2:1-2. Setiap orang yang hidup di bumi dan belum diselamatkan, dengan sendirinya berada di bawah kendali kuasanya dan itu sama dengan mati (menurut Firman Tuhan) di dalam pandangan Allah karena tidak memiliki Kristus. Dan karena mereka mati, maka dunia dimana mereka hiduppun disebut Allah sebagai "mati", Wah. 20:13, "Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya …" Setiap kali seseorang berhubungan dengan orang-orang mati, mereka harus mengetahui apakah mereka dari dunia orang mati, neraka, laut atau dunia ini. Mereka yang mati dalam dosa masih ada, karena mereka belum masuk neraka. Di sisi yang lain, terdapat apa yang disebut sebagai kematian palsu. Ada orang-orang yang lenyap begitu saja bila mereka tidak berada di dalam Tuhan ; mereka dapat saja masih berada di sekitar kita, tetapi ditahan oleh yang lain untuk tujuan-tujuan sihir.

Mukendi dahulu biasa mengunjungi negara mana saja di seluruh dunia dan membawa pergi orang-orang tertentu, mengubah warna kulit mereka dan mencarikan mereka pekerjaan di luar negeri. Mereka dapat dimanfaatkan oleh tukang sihir lainnya di dunia. Mungkin ada pernah membaca iklan dari perusahaan yang menawarkan tenaga-tenaga ahli, misalnya, "bila anda membutuhkan tenaga ahli di bidang komputer dan lain-lain, hubungi kami." Mungkinkah diantara mereka terdapat pengikut-pengikut iblis ? Uang penghasilan mereka dapat dipergunakan untuk melanjutkan kegiatan setan di seluruh dunia. Beberapa diantara mereka menghilang begitu saja selama beberapa bulan. Dan di tanah air mereka, sanak keluarga mereka berkabung bagi mereka, hanya untuk menemukan bahwa mereka tiba-tiba muncul kembali tidak lama kemudian dengan memberikan alasan bahwa mereka ditahan di penjara atau apa saja.

Hanya ada tiga tempat dimana orang yang mati dalam dosa berada dan itu adalah neraka, dunia orang mati dan laut (sungai dan sebagainya). Alkitab berkata bahwa pada masa kesudahannya, maka tempat-tempat itu akan menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya. Mukendi mengunjungi nereka dan lautan dan memberikan kepada kita gambaran yang berbeda-beda. Ia disana selama tiga hari. Dan setelah Mukendi dibaptis oleh Lucifer, ia diberi kuasa untuk dapat melihat apa yang ada di angkasa. Ini bukanlah suatu hal yang umum terjadi dalam kehidupan kita, melainkan, sesuatu yang berada di luar jangkauan pikiran manusia.

Mukendi pernah tinggal di neraka selama 3 bulan untuk mengunjungi ayahnya dan di kemudian hari pergi kesana setiap hari untuk mengambil lima ribu roh-roh jahat untuk dimasukkan ke dalam manusia. Ia memberikan gambaran-gambaran yang jelas tentang bagian-bagian neraka yang berbeda-beda. Ia bahkan pergi ke rumah sakit disana. Rupanya inilah dunia di bawah yang dikunjungi Yesus setelah kematianNya di kayu salib (Ef. 4:9-10 ; I Pet. 3:18-19). Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara. Dan ketika berbicara kepada Musa dalam Kel. 20:4, Allah menunjuk kepada tiga tempat itu : langit, bumi di bawah langit dan air di bawah bumi, "Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas atau yang ada di bumi di bawah atau yang ada di dalam air di bawah bumi."

Dalam ayat ini Allah tidak berbicara mengenai hal-hal yang berada di dalam lautan api, karena tidak ada apa-apa disitu kecuali api, sampai nanti pada hari penghakiman terakhir. Sebenarnya, lautan api itulah tempat akhir khusus bagi pelemparan mereka yang mati di dalam dosa, yang datang dari laut, bumi dan neraka. Aku ingin menyimpulkan bahwa karena kasih Allah bagi kita, maka Ia tidak ingin agar kita masuk dunia orang mati di dalam dosa kita (Yoh. 3:16). Ia ingin agar kita semua dapat dimerdekakan dari seluruh ikatan setan. Diselamatkan berarti menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat di dalam hidup dan menerima kehidupan yang kekal yang membawa kita ke surga dan bukan ke neraka, bila kita mati (Yoh. 3:11-18). Hal ini juga berarti terhindar dari lautan api kekal yang menunggu mereka yang terhilang di dalam dosa. Bahkan pengharapan akan api pencucian itupun hanyalah merupakan impian saja, karena setelah kematian ada penghakiman, kata Alkitab.

Apabila karburator sebuah mobil kotor, maka dengan sendirinya aliran bensin dan jalannya mesin terhenti. Tanpa kesucian tidak ada kuasa. Kita harus membereskan hidup kita (I Tes. 5:23).

"…tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Allah." (Ibr. 12:14). "Tuhan, tolong selidiki hatiku, akan apa yang harus kupatahkan, kucabut atau kubuang dan apa yang harus kubangun atau kutanam. Bila terdapat cemburu yang membawa kepatahan hati, benci, kedagingan dan keduniawian, tolonglah agar aku dapat terlepas daripada semuanya itu." Kita sungguh-sungguh membutuhkan hikmat. I Pet. 5:8 mengatakan bahwa lawan kita si iblis, sedang mencari untuk menelan kita. Inilah ayat yang sungguh-sungguh benar.

Saudara, begitu anda menerima Kristus, maka anda menjadi musuh setan yang terbesar. Perhatikan langkahmu dan jangan berikan tempat baginya untuk menelan anda. Setiap dosa yang anda lakukan melalui perkataan, perasaan atau tindakan adalah dari iblis. I Yoh. 3:8 mengatakan bahwa siapa yang berbuat dosa adalah dari iblis. Ia membenci anda sebagaimana ia membenci Kristus (Wah. 12:12). Bila anda menangkap ikan, apakah yang akan anda lakukan kemudian ? Tentu saja memakannya. Orang percaya kadang-kadang berakhir di dapur setan melalui kesombongan, imoralitas dan penipuan. Melalui kesaksian Mukendi, aku mengetahui bahwa kita kadang-kadang dapat saja memakan daging manusia di dalam bentuk daging binatang. Aku ingat bagaimana kami sangat menyukai daging babi dan suatu hari istriku membeli dan memasaknya. Kami makan dengan nikmat. Akan tetapi setelah itu, perutku terasa aneh, seakan-akan yang kumakan itu bukan daging babi. Perutku serasa diaduk-aduk dan rohku merasa tidak sejahtera, akan tetapi aku tidak dapat menunjukkan mengapa. Aku melupakannya dan menghilangkan pikiran tersebut dan kemudian pergi tidur hanya untuk dibawa melalui mimpi yang panjang dimana aku melihat bahwa keluarga kami bukan sedang makan daging babi, akan tetapi daging tangan bayi. Dan Tuhan menunjukkan bahwa ia mengijinkan hal tersebut terjadi untuk mengajarkan sesuatu kepada kami. Mimpi itu merupakan suatu peringatan bagi kami agar waspada. Para istri, berdoalah dan biarlah anda dipimpin oleh Roh Kudus sebelum anda pergi ke pasar. Bahkan setelah membeli bahan makananpun, anda harus berdoa terlebih dahulu sebelum mema-saknya. Kesaksian semacam itu menunjukkan bahwa beberapa diantara binatang-binatang seperti babi, dipakai dalam dunia roh untuk praktek-praktek okultisme dan kebanyakan roh-roh jahat bertampang seperti itu.

Firman Allah dan doa dapat menguduskan segala sesuatu. Anda juga membaca bagaimana Mukendi mengubah orang yang ingin dimakannya menjadi binatang, untuk meneteramkan hati nuraninya, sebelum menyembelihnya. Dan juga bagaimana jiwa dan roh manusia dipakai oleh orang lain dalam dunia roh sebagai perisai manusia dalam peperangan. Semuanya ini merupakan gambaran tentang agama dan penyembahan palsu.

Mukendi
Saudara yang dikasihi Tuhan, dimanakah Yesus anda sekarang ? Apakah Ia berada di dalam jimat, bunga-bunga atau di dalam hati anda ? Segala sesuatu yang diberikan kepada anda yang harus anda ajak berbicara untuk menyelesaikan masalah anda, sangatlah berbahaya dan berasal dari roh jahat. Berhati-hatilah, anda dapat masuk dalam kesulitan. Golgota adalah tempat dimana semua roh-roh jahat dibuang oleh Kristus. Bila anda memiliki batu atau apa saja dari situ, semuanya berisi roh-roh jahat. Jalan keluar satu-satunya hanyalah menghancurkannya dalam nama Yesus. Sebagai ciptaan baru di dalam Kristus Yesus, Ia telah menghapuskan kutuk atas nama anda. Tukang tenung dan tukang sihir yang terkenal memperoleh sebagian daripada ramuan-ramuan mereka dari Golgota.

Kesaksianku ini bukanlah seperti memamerkan masa laluku sekedar untuk menyenangkan hati saja, tetapi untuk menunjukkan kedalaman yang kulalui bersama iblis dan betapa berkuasanya Yesus sehingga Ia dapat mengangkat aku dari lubang tersebut. Aku berusaha keras menye-nangkan hati musuh, namun demikian aku tidak mengenal damai sejahtera atau suka cita, bagaimanapun juga kerasnya semua usaha-usaha yang kulakukan. Aku tahu bagaimana orang itu telanjang di hadapan musuh dan bagaimana perlindungan yang didapat di dalam Kristus Yesus.

Saat anda membaca buku ini, anda harus tenggelam di dalam darah Yesus. Setan tahu bahwa anda sekarang mengenal siasat tipu dayanya dan ia dapat saja mengikuti anda dan mempersulit kehidupan anda. Biarlah anda berada di dalam jaminan perlindungan dengan menerima Kristus di dalam hidup anda saat ini.

Apakah anda menuai karakteristik daripada nama anda ? Mungkin saja anda memiliki nama yang membawa masalah dan kutuk di atas hidup anda. Kami telah belajar melalui penginjilan orang-orang lain di daerah-daerah di Afrika, bahwa beberapa sebab serangan-serangan roh jahat atas orang-orang disebabkan karena nama mereka. Tetapi Alkitab berkata bahwa siapa yang ada di dalam Kristus Yesus adalah cipataan baru, yang lama sudah berlalu. Setelah bertobat dari dosa-dosa anda, anda mungkin harus menolak semua roh-roh jahat yang dikaitkan dengan nama anda, terutama mereka yang diberi nama nenek moyangnya atau orang lain yang jahat, yang telah mati atau nama apa saja yang memiliki arti buruk atau jahat. Misalnya nama yang memiliki arti "sengsara", hanyalah akan membawa kesengsaraan, suka atau tidak suka dan kehidupan anda merupakan tempat bagi roh-roh kesengsaraan. Tetapi mereka yang berada di dalam Kristus, tersembunyi di dalam Kristus Allah. Tidak ada dukun, tukang sihir atau tukang tenung yang dapat menguasai hidup anda bila anda benar-benar tersembunyi di dalam Kristus Yesus. Bila sampai dengan saat ini anda belum diselamatkan, mari, undanglah Tuhan Yesus ke dalam hidup anda.

"Tuhan Yesus, aku memberikan hidupku di dalam tanganMu. Lindungilah aku." Banyak orang mencari perlindungan karena mereka tahu bahwa hidup mereka berada di dalam bahaya. Yesus akan melindungi anda. Sejak hari ini bila anda bertobat, maka anda akan melihat perubahan dalam hidup anda. Bila anda adalah budak sihir atau budak penyembahan setan, terimalah Kristus, Ia akan memberikan anda hidup yang baru. Bila nada suam-suam, maka anda berada dalam bahaya.

Mukendi Berjumpa Dengan Kaniaki
Ketika Mukendi , istri dan anaknya tiba di rumah kami, ia mengangkat kedua tangannya dan memuji Tuhan. Walaupun kami tidak siap, kami harus menyediakan tempat bagi mereka. Seseorang telah mengajak Mukendi ke rumah kami atas permintaanku, akan tetapi dalam perjalanan, mereka harus bermalam pada beberapa keluarga dan mengalami malam yang sangat tidak menyenangkan.

Tengah malam saat orang-orang lain tidur, Mukendi membangunkan mereka sambil berkata, "Kalian semua, mengapa kalian tidur ? Tidakkah kalian melihat roh-roh jahat melintasi kakimu dan menuju kamar Mr. John (bukan nama sebenarnya) ? Bangun, mari kita berdoa." Ia mengatakan dapat melihat roh-roh jahat melompat-lompat di atas kepala orang-orang. Yang lain melanjutkan tidurnya dan ia melanjutkan berdoa seorang diri. Ia berkata kepada orang yang menyambut mereka disitu, "Tidakkah kau melihat roh-roh jahat masuk ke dalam kamar saudara iparmu ?" Ia terus mengikat roh-roh jahat milik Rosa ; ia tahu jenis roh-roh jahat tersebut dan dari arah mana mereka datang. Pemilik rumah itu adalah seorang distributor. Setelah Mukendi mengikat roh-roh jahat itu, ia tiba-tiba melihat pemilik rumah itu keluar dari kamarnya dengan marah. "Bangun semua," teriaknya di dalam ruangan itu. Kemudian sambil berbalik ke arah Mukendi ia berteriak mengancam, "Kau, keluar dari rumahku." "Apa yang terjadi ?" tanya saudara iparnya dengan mengantuk. Kata pemilik rumah, "Aku tidak menginginkan dia disini. Ia datang untuk mengganggu rumahku. Ia telah mengikat roh-rohku. Mereka sekarang tidak dapat masuk. Itulah altarku," tunjuknya ke dalam kamarnya dimana berdiri sebuah kaca, lilin-lilin dan benda-benda pemujaan lainnya. "Aku seorang pengikut Rosa," katanya.

Semua orang tampak bingung. Mukendi kemudian diantarkan untuk tidur di rumah tetangga yang lain. Ketika ia sedang tidur, terdengar ketukan keras pada pintu depan yang datangnya dari seorang tetangga lain yang sakit hati.

"Apa yang kau lakukan sekarang ? Bila orang itu tidak keluar dari rumahmu, maka kami akan membunuhmu."

Pemilik rumah juga mulai mengancam Mukendi dengan berkata, "Mengapa kau lakukan ini terhadapku ? Mengapa kau ikat rohku ? Aku seorang tukang sihir. Aku ingin terbang tetapi tidak dapat karena kau mengikat aku. Bukankah aku telah menolongmu, mengapakah kau tidak menolongku juga ?" Jadi Mukendi pergi tidur di luar rumah sedang istri dan anaknya tetap tidur di dalam. Ketika akhirnya mereka tiba di rumah kami, ia berdiri dan memuji Allah, "Allah, aku berterima kasih padaMu sebab aku telah menemukan orang yang tepat seperti yang kuminta untuk Kau tunjukkan kepadaku." Setelah itu, ia kemudian bercerita, "Aku melihat lingkaran malaikat mengelilingi rumahmu. Aku merasa penuh dengan damai sejahtera yang belum pernah kualami sejak saat aku diselamatkan."

Seseorang harus memiliki hati Kristus untuk mengetahui apa yang dirasakan oleh orang yang baru dilepaskan dari kuasa-kuasa jahat dan untuk menolongnya. Setelah melatihnya selama be-berapa minggulah aku baru bertanya kepadanya, "Mukendi, bagaimana gaya hidup orang tuamu ?" Mukendi kemudian memberiku silsilah keluarganya yang lengkap selama delapan generasi.

Bagi para orang tua, berhati-hatilah kepada siapa anda menikahkan anak anda. Istri pertama Mukendi, menurut kesaksiannya, adalah seorang Kristen. Tetapi ia tidak berdoa cukup untuk membiarkan Allah memimpinnya kepada suami yang tepat. Jadi ketika Mukendi menikahinya, kuasa-kuasanya sama sekali menenggelamkannya dan ia kemudian menjadi orang yang sangat kedagingan. Mukendi mencoba untuk mengorbankannya kepada setan, tetapi Allah melin-dunginya karena ia memiliki seorang bibi yang suka berdoa. Akan tetapi, diakhirnya ia menjadi sakit mental dan meninggalkan Mukendi dalam keadaan hidup, tetapi gila.

Mukendi juga berkata bahwa bibinya adalah seorang Kristen yang suam-suam, yang sangat suka bergosip. Itulah sebabnya ketika ia menerima baptisan setan, ia dapat melihat bibinya telanjang. Setiap orang Kristen yang kedagingan itu telanjang di hadapan setan dan agen-agennya. Ingatlah bahwa setan tidak akan dengan mudah melepaskan seorang agen dari ceng-keramannya. Ketika Mukendi baru diselamatkan, ia sampai di rumah pada suatu hari dan mendapatkan bahwa anaknya baru saja mati. Ia mengangkat tubuh anaknya dan berseru kepada Allah, "Allah, Engkau telah menunjukkan kuasaMu kepadaku. Betapa besarnya Engkau itu sehingga tidak ada kejahatan apapun yang dapat melampaui Engkau. Dengan kuasa yang sama Engkau menyelamatkan aku dan melepaskan aku dari iblis. Sekarang kembalikanlah hidup anakku." Anak itu kembali hidup, sehingga mencengangkan semua. Tidak lama kemudian, ia berada dalam perjalanan untuk mengambil dan menghancurkan peti perkakas sihirnya di depan saudara-saudara seiman, tetapi ia menemukan bahwa sebagian besar dari peralatan yang penting-penting telah dicuri. Ketika tukang sihir dan tukang tenung yang lain mendengar bahwa ia telah diselamatkan, maka dengan diam-diam mereka datang dan mencuri peralatan tersebut dari petinya.

Maka Mukendi lalu mengumpulkan sisanya, tetapi di dalam perjalanan menuju ke persekutuan, tanah yang dipijaknya tiba-tiba tenggelam dan ia menemukan dirinya di dalam lubang yang sangat dalam dan ia mulai berseru kepada Allah, "Tuhan Yesus, lindungilah hidupku. Engkau menolong anakku hidup kembali, Engkau juga menolong aku keluar hidup-hidup dari lubang ini." Malaikat-malaikat Allah yang bertugas berada disana untuk memberikan pertolongan dan ia keluar dari lubang itu dengan selamat tanpa luka apapun.

Aku harus mengambil waktu untuk memuridkan Mukendi dan menolongnya di dalam kele-pasan yang total. Yang terpenting dari semua itu adalah keharusannya kembali ke rumah untuk melepaskan ibunya dan seluruh keluarganya. Ada suatu saat dimana Mukendi menyangka sudah waktunya untuk pergi dan menghadapi keluarganya, tetapi aku bersikeras bahwa waktunya belum sampai. Aku harus sangat berhati-hati. Setiap orang yang sudah melayani setan dalam jangka waktu yang demikian lamanya dan dnegan kedalaman yang sudah sedemikian rupa, pastilah merupakan sasaran penyerangan. Di damping itu, orang seperti itu masih memiliki sedikit sifat-sifat lamanya. Bagi kita, orang-orang Kristen, kita tidak dapat bersandar pada kegagahan dan kekuatan kita, tetapi kita harus sepenuhnya bergantung kepada Tuhan untuk pengarahan dan bimbingan. Dan Allah bekerja di dalam kasih karunia. Ia sabar, baik dan penuh kasih. Aku harus membawa Mukendi pada suatu tempat dimana ia mengerti bahwa Allah ingin memasukkan cara-caraNya di dalam segala sesuatu yang kita lakukan. Kita tidak memaksa dan mempergunakan kekuatan otot kita seperti yang terjadi di dalam kerajaan kegelapan dimana semua ingin menjadi bintangnya.

Mukendi telah masuk kedalaman neraka dan aku harus melatihnya dengan sangat berhati-hati. Aku bahkan mengundang saudara-saudara seiman untuk memeriksa dan mengkonfirmasikan bersama denganku apakah kelepasannya sudah total dan apakah ia sudah sepenuhnya dime-nangkan bagi Kristus. Mereka mengkonfirmasikan segalanya dan merasa puas bahwa ia tunduk sepenuhnya pada ke-Tuhan-an Yesus Kristus. Aku juga belajar bahwa karena iblis itu seorang tuan yang begitu kejam dan tidak mau bergeming atau menunjukkan belas kasihan sedikitpun juga, maka mereka yang malayaninya melakukan semuanya dengan sepenuhnya, untuk menghindarkan amarahnya. Mereka tidak dapat menjadi setengah hati sebagaimana beberapa orang-orang Kristen yang suam-suam. Oleh karenanya, bila mereka dimenangkan bagi Kristus, merka cenderung menunjukkan rasa tunduk yang total dan dengan mudah dapat menangkap hal-hal yang dari Allah. Mereka menjadi lebih bersungguh-sungguh daripada orang-orang yang diselamatkan dari kehidupan dosa yang umum. Setelah malatihnya dan menemukan cukup banyak bukti akan kekuatannya di dalam Tuhan, aku kemudian mengirimkannya kembali ke desanya untuk melepaskan seluruh keluarganya. Aku bertanya kepada beberapa saudara seiman yang tinggal di dekat desa Mukendi, apakah mereka dapat pergi bersama dengannya untuk membantu melepaskan seluruh keluarganya dan mereka setuju. Jadi kami menetapkan suatu hari bagi misi yang penting itu, enam bulan setelah Mukendi diselamatkan.

Mukendi
Ketika ibuku melihatku memasuki pekarangan rumah kami, ia tidak mengenaliku. Aku tidaklah setampan sekarang setelah keselamatanku, saat aku meninggalkan rumah dulu. Aku tampak sama sekali berbeda, karena Yesus telah mengubahku. Kataku kepadanya, "Ibu, tidakkah ibu mengenali aku ? Akulah Mukendi, putramu."

Setelah ragu-ragu beberapa saat, ia kemudian menyadari bahwa aku benar-benar putranya dan ia melompat memelukku dengan berurai air mata. Dengan sukacita Mukendi menceritakan kisah kehidupan baru yang dialaminya bukan hanya kepada ibunya, tetapi juga kepada seluruh anggota keluarga yang hadir. Ketika ia memberitahukan tentang kabar keselamatan dirinya kepada mereka, mereka semua bersuka cita karena segala sesuatu pada dirinya benar-benar mencer-minkan hal itu.

"Aku tampak lebih tampan sekarang dibandingkan dengan saat aku melayani setan." Ketika saudara-saudara seiman yang datang bersama-sama dengannya mengadakan altar call atau undangan untuk menerima Tuhan Yesus, maka seluruh anggota keluarga yang hadir bersedia menerima Kristus. "Karena kau adalah kepala kami, siapakah kami sehingga kami menolak apa yang telah kau pilihkan sebagai yang paling tepat bagi kami ?" kata ibunya saat mereka semua berlutut untuk menerima Kristus.

Segala halangan sudah dipatahkan ketika Mukendi selanjutnya menanyakan mengenai peti sihir yang diwarisinya dari almarhum ayahnya. Ibunya adalah satu-satunya orang yang menyimpan kuncinya. Tidak seorangpun yang diijinkan membuka peti tersebut kecuali Mukendi sendiri. Peti itu dimaksudkan sebagai milik yang paling berharga dimana Mukendi merupakan ahli waris tunggal.

Ibunya tidak mempunyai pilihan lain selain menyetujui permintaan tersebut. Mukendi, dengan memakai kuasa darah Yesus menghancurkan peti tersebut dan seluruh peralatan sihir, tenung dan perdukunan dibakar di tengah ketercenganngan orang-orang semua.

"Kau adalah ahli warisnya," kata ibunya. "Kau dapat berbuat apa saja yang kau inginkan dengannya."

Setelah kejadian itu, Mukendi mencari saat yang tepat untuk meminta persetujuan ibunya untuk menebang pohon yang dikatakan menyimpan hidupnya. Waktunya telah tiba bagi Mukendi untuk menghancurkannya. Ia harus memilih antara setan yang sudah dilayaninya selama itu dengan menaruh kepercayaan yang salah terhadapnya, dengan Allah yang baru dikenalnya, akan tetapi penuh kasih dan pemeliharaan. Ia telah menjatuhkan pilihannya kepada yang terakhir. Juga diantara kehidupan dan kematian, terang dan kegelapan, ia telah memutuskan pilihan yang tidak akan pernah disesalinya ; memilih kehidupan dan berjalan di dalam terang.

"Ibu, bagaimana mengenai pohon yang ibu katakan bahwa aku akan mati bila sesuatu terjadi atasnya ? Aku akan menebangnya dan ibu akan menyaksikan perlindungan Yesus," katanya.

"Anakku," kata ibunya. "Kau dapat melakukan apa saja, akan tetapi jangan pohon itu. Aku bisa mengerti tentang peti sihir warisanmu, tetapi jangan pohon itu, anakku."

Nenek yang menanam pohon itu sudah mati. Mukendi tidak berada disitu ketika ia mati dan roh-roh jahat di dalamnya berteriak-teriak mencari Mukendi, karena dialah ahli waris ilmunya. Tetapi karena Mukendi tidak ada, maka nenek itu mati sambil menangis dengan sedihnya. Seandainya Mukendi berada disitu, maka roh-roh jahat tersebut pasti langsung masuk ke dalamnya untuk menambah kekuatannya.

"Ibu, Yesus akan melindungiku. Tidak ada hal buruk yang akan terjadi." Ia meyakinkan ibunya.

Ia memiliki segala alasan yang ada untuk mempercayai Allah, yang datang menyelamatkan ketika anaknya mati dan ketika ia jatuh ke dalam lubang. Allah akan melakukannya lagi. Di akhirnya, ibunya menyerah dengan segan. Dengan menaikkan puji-pujian kepada Tuhan, para saudara berbaris dengan parang masing-masing menuju tempat yang mengerikan itu, yaitu sampai di bawah kaki pohon besar tersebut. Dengan tertegun, ibu Mukendi dan para tetangganya ikut menyaksikan dengan rasa gentar, takut dan tercengang. Tetapi dengan helaan napas lega, ketakutan tersebut segera berubah menjadi sukacita. Ibunya yang menyangka bahwa Mukendi dapat saja setiap saat jatuh mati, hidup untuk menyaksikan salah satu dari saat-saat kelepasannya yang paling menggembirakan, kenyataan bahwa Allah dapat memelihara hidup anaknya. Ketika pohon itu sedang ditebang, ibu Mukendi perlahan-lahan memperoleh keyakinannya kembali. Sunga, adalah sebuah pohon yang sangat langka, yang biasanya dipakai untuk membuat drum, karena mengeluarkan bunyi-bunyian yang sedap didengar. Karena itu adalah pohon yang penuh duri, maka Mukendipun dimaksudkan untuk memiliki karakteristik yang serupa. Tidak seorangpun dapat mendekati pohon berduri tanpa tertusuk ; begitulah Mukendi dahulu. Tidak seorangpun yang dapat menjadi kawannya tanpa terluka.

Tepat sebelum pohon itu roboh, banyak sekali orang-orang di sekitar situ yang berbondong-bondong datang ke tempat itu. Sebabnya ? Mereka mendengar paduan suara yang indah sekali yang memyanyikan lagu-lagu pujian kepada Tuhan, seperti pada kebaktian-kebaktian dimana ada pengkotbah dan pengeras suaranya.

Menurut Mukendi, "Tidak ada seorangpun yang menyanyi. Pastilah para malaikat yang menyanyi, karena Allah bersuka atas kita dengan puji-pujian. Setiap kali kami mengayunkan parang, mereka bersukacita." Mereka yang berbondong-bondong datang kesitu juga memberikan hidup mereka kepada Yesus. Dapatlah dibayangkan kelepasan yang dibawa Allah kepada umatNya pada hari itu, melalui ketaatan Mukendi.

1 comments:

Kang Soleh said...

Terima Kasih atas Infonya Kang... Salam Persahabatan dari saya, apabila akang minat saya ada review sedikit seputar:
Macam macam Batu Akik
Ring Cincin Batu Akik
Emban Cincin Anak anak
Emban Cincin Titanium Cewek
Emban Perak
Emban Cincin Germanium
Emban Cincin Akik
Semoga Bermanfaat kang...